5 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Anda

5 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Anda

Bagi Anda penggemar kopi, sangat perlu mengatur pola minum ketika memasuki bulan puasa seperti ini, agar kesehatan lambung anda tidak terganggu gara-gara minum kopi. Perlu diingat bahwa kopi memiliki efek diuretik yang dapat membuat Anda lebih banyak buang air kecil, sehingga dapat menyebabkan dehidrasi apabila tidak diimbangi dengan asupan air yang cukup. Oleh karena itu, para ahli gizi menyarankan agar tidak meminum kopi di waktu sahur.

Jumlah kopi yang dikonsumsi juga harus dikurangi, jangan seperti hari-hari biasanya. Karena, terlalu banyak mengonsumsi kafein memang tak baik bagi tubuh. Meski begitu, kopi yang dikenal mengandung kafein ini ternyata memiliki beberapa manfaat lho untuk kesehatan Anda, termasuk perannya dalam memerangi penyakit berbahaya. Berikut manfaat kopi yang mungkin jarang Anda ketahui:

Mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2
Khasiat kopi dianggap bisa meningkatkan daya tahan tubuh, serta mencegah hancurnya proses produksi sel insulin. Selain itu, kopi dapat meningkatkan kadar protein yang disebut hormon seks pengikat globulin dalam darah (sex hormone binding globulin/SHBG), yang memberikan perlindungan terhadap diabetes tipe 2 pada orang yang kelainan genetik.

Manfaat kopi untuk melawan kanker
Kopi pernah diyakini sebagai penyebab kanker. Namun, penelitian lain mengatakan kalau kopi ternyata terbukti bisa melindungi tubuh dari kanker tertentu dengan memperbaiki DNA. Mengonsumsi kopi dapat melawan risiko kanker usus besar, kanker dubur, kanker mulut, dan kanker kerongkongan. Karena, kopi mengandung ratusan senyawa kimia, di antaranya senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat aktif, seperti methylpyridinium. Bahkan kopi espresso memiliki 2 sampai 3 kali lipat jumlah senyawa antikanker.

Menurunkan risiko demensia (pikun)
Kebiasaan meminum kopi hangat bisa menurunkan risiko tersebut. Para ilmuwan asal swedia dan denmark menemukan bahwa Antioksidan dari kopi dapat bekerja untuk mengurangi bentuk demensia vaskular. selain itu, kafein dalam kopi dapat meningkatkan efisiensi penghalang darah otak, menggagalkan efek negatif dari kolesterol tinggi pada fungsi kognitif, serta kemungkinan meningkatnya energi yang membuat Anda lebih aktif.

Melindungi tubuh dari penyakit parkinson
Penyakit parkinson disebabkan karena adanya gangguan pada otak, yaitu sistem saraf pusat otak manusia yang mengalami kemunduran. Penyakit ini ditandai dengan ketidakteraturan pergerakan, kesulitan pada saat memulai pergerakan, dan kekakuan otot. Untuk itu, manfaat kopi membantu menurunkan risiko penyakit parkinson bagi kaum pria. Pria yang mengonsumsi 2 hingga 3 cangkir kopi berkafein setiap hari memiliki risiko 25 persen lebih rendah terkena Parkinson.

Mencegah depresi
Beberapa peneliti berpendapat kalau khasiat kopi dapat menurunkan risiko depresi. sebuah penelitian yang dilakukan Para ilmuwan dari Harvard School of Public Health melaporkan jika orang yang minum empat cangkir kopi atau lebih per hari memiliki risiko 20 persen lebih rendah mengalami depresi. Sedangkan, orang yang mengonsumsi dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko 15 persen lebih rendah.

Itulah manfaat kopi bagi kesehatan tubuh. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi setelah minum kopi, asal tidak berlebihan. Apalagi jika Anda mengolah kopi yang anda konsumsi sendiri, pasti akan jauh lebih baik dibandingkan dengan mengonsumsi kopi sachet yang dijual di pasaran. Sicm Tech menjual berbagai mesin kopi yang mungkin dapat memenuhi kebutuhan anda. Kami menjual mesin kopi untuk grinding dan roasting dengan kualitas terbaik. Hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan.

 

 

Sumber:

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/04/30/171732120/siasat-minum-kopi-di-bulan-puasa
https:// doktersehat.com/manfaat-kopi-bagi-kesehatan-tubuh/

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *