5 Tips Sukses Memulai Bisnis Cafe dengan Modal Kecil

5 Tips Sukses Memulai Bisnis Cafe dengan Modal Kecil

Bagi sebagian besar masyarakat kota, keberadaan sebuah cafe nampaknya memang sudah merupakan bagian penting dari gaya hidup sehari-hari. Baik untuk sekedar melepas lelah di tempat yang nyaman setelah seharian bekerja, berkumpul dengan teman atau keluarga, mengerjakan tugas atau projek, hingga menjadi tempat pertemuan penting. Adanya kenyataan ini, membuat bisnis cafe dapat menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan, bahkan dengan modal kecil. Jika Anda merupakan salah satu calon pengusaha yang tertarik untuk memulai bisnis ini, namun masih memiliki dana yang terbatas, di bawah ini adalah beberapa tips yang akan membantu Anda untuk memulai bisnis cafe tanpa harus menanggung banyak biaya.

Baca juga : Lima Manfaat Menakjubkan Es Batu untuk Kecantikan

Sewa Tempat dengan Budget Tepat
Salah satu pos dana terbesar saat merancang bisnis cafe adalah menyewa tempat. Apalagi untuk Anda pengusaha pemula yang memiliki modal ala kadarnya, permasalahan sewa tempat ini pasti sudah cukup memusingkan kepala. Jika, Anda memiliki modal yang terbatas, Anda bisa memulai bisnis ini dengan menggunakan rumah sendiri, rumah partner bisnis, atau mungkin halaman rumah orang lain untuk menjadi lapak kafe sementara. Biasanya harga sewa teras atau paviliun tidaklah semahal menyewa kios atau ruko. Cara lainnya bisa juga dengan memanfaatkan taman rumah. Anda bisa menggunakan kafe dengan konsep outdoor yang menarik. Selain bisa menekan biaya sewa, menggunakan teras, paviliun, atau taman rumah justru bisa menambah keunikan dari kafe tersebut.

Gunakan Pegawai Sistem Part Time
Pegawai dengan sistem part time akan membuat beban pengeluaran menjadi lebih ringan. Tangani pekerjaan yang masih bisa Anda lakukan ketika kafe mulai berjalan dan berikan sisa jam kerja kepada pegawai part time untuk menutupi kekurangan tersebut. Menggunakan pegawai dengan sistem part time ini selain memiliki keuntungan dari segi keringanan gaji yang harus dibayarkan karena hanya membayar per jam sesuai pekerjaan yang telah dilakukan, juga menghindarkan Anda dari keharusan untuk tetap menggaji karyawan secara penuh ketika bisnis kafe Anda sedang mengalami penurunan.

Membeli Bahan Baku dari Grosir
Untuk menghemat pengeluaran dari menu yang disajikan, Anda bisa membeli bahan baku makanan dan minuman yang akan disajikan ini dari pedagang grosir. Dengan membeli bahan baku dari grosir, maka Anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah daripada Anda membeli bahan baku dari pengecer. Namun, untuk mendapatkan harga yang murah dari pedagang grosir, pembeli umumnya diharuskan membeli dalam jumlah yang banyak. Ini memang ketentuan yang banyak berlaku hampir di semua tempat.

Terapkan Strategi Marketing yang Hemat Biaya
Sebuah bisnis memang selalu membutuhkan pemasaran atau marketing agar bisnisnya dikenal banyak orang dan mampu meningkatkan jumlah pelanggan. Namun, tidak jarang banyak pengusaha yang terjebak pada pemborosan dana saat ia melakukan promosi. Jadi, cobalah untuk gunakan strategi marketing yang tepat dengan biaya yang sedikit. Anda bisa mencoba mengajak pelanggan atau pengunjung kafe untuk mendapatkan tambahan topping atau minuman gratis dengan membuat ulasan tentang kafe Anda di social media mereka. Dengan menggunakan strategi ini, selain bisnis Anda akan lebih terlihat, pembaca pun akan merasa lebih yakin, karena ulasan atau testimoni berasal dari konsumen yang telah merasakan, bukan dari pemilik bisnis.

Berikan Pelayanan Terbaik
Pelayanan adalah sesuatu yang bisa diusahakan tanpa biaya. Dengan memberi pelayanan yang baik dan ramah, tentunya pelanggan akan merasa nyaman berada di kafe milik Anda. Mereka secara tidak langsung akan merekomendasikan kafe pada teman-teman atau orang terdekat mereka sebagai tempat berkumpul yang menyenangkan. Pelayanan terbaik akan selalu menimbulkan kesan yang baik pada sebuah bisnis.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis kafe dengan modal kecil. Setelah bisnis Anda berhasil dijalankan dengan baik, Anda juga harus mulai memikirkan strategi-strategi agar bisnis Anda semakin besar dan sukses. Misalnya, dengan meng-upgrade peralatan masak ataupun peralatan dapur lainnya yang Anda gunakan untuk membuat minuman, baik minuman hangat ataupun dingin.

Nah, minuman dingin yang menyegarkan pasti sering sekali dicari orang, mengingat Indonesia merupakan negara tropis yang cuacanya seringkali panas dan terik. Jadi, pelanggan yang datang ke cafe Anda tentunya akan memesan minuman dingin. Selain membuat es batu di dalam lemari es untuk mendinginkan minuman, Anda juga bisa membuat es batu menggunakan Ice Cube Machine, yang berkapasitas lebih banyak dibandingkan dengan lemari es biasa.

Baca juga : Usaha Es Batu yang Menjanjikan

Jadi, bila Anda ingin mencari ice cube machine yang berkualitas, ayo segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Kami menjual ice cube machine dengan berbagai kapasitas. Oleh karena itu, kami juga menawarkan jasa konsultasi gratis bagi Anda yang masih bingung untuk memilih ice cube machine yang tepat untuk usaha Anda.

 

 

 

Sumber :

https://www.jurnal.id/id/blog/2018-5-tips-sukses-bisnis-cafe-modal-kecil/

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *