7 Manfaat Kurma yang Bisa Bikin Kurus hingga Mencegah Kanker

7 Manfaat Kurma yang Bisa Bikin Kurus hingga Mencegah Kanker

Kurma seringkali jadi salah satu menu takjil yang wajib ada saat berbuka puasa. Buah khas timur tengah dan identik dengan bulan Ramadhan ini memang disunahkan oleh Rasulullah SAW sebagai menu berbuka puasa. Bukan tanpa alasan, lho. Kandungan gula alami pada kurma memang bisa menjadi penambah energi setelah seharian berpuasa.

Selain penambah energi setelah seharian puasa, buah kurma ternyata juga punya banyak manfaat lainnya untuk kesehatan. Mulai dari melawan stres, menurunkan berat badan, hingga mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Bahkan, manfaat mengonsumsi buah kurma dapat terlihat hanya dalam waktu seminggu saja. Jadi, bukan hanya bermanfaat untuk orang yang berpuasa saja, kurma juga bermanfaat untuk Anda yang tidak berpuasa.

Gateway Region YMCA

Mengutip dari TribunStyle, berikut ini beberapa manfaat bagi Anda yang rajin mengonsumsi kurma:

Kesehatan tulang
Sebuah studi menemukan kalau kurma mengandung boron, yang menjadikan tulang sehat. Studi lain menunjukkan bahwa mineral seperti fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium, yang ditemukan dalam buah-buahan kering dan kurma memperkuat tulang kita dan memerangi penyakit seperti osteoporosis.

Kesehatan pencernaan
Kurma mengandung serat yang tinggi dan sistem pencernaan kita membutuhkan serat. Asupan serat mencegah sembelit dan mendorong buang air besar secara teratur. Kurma bahkan dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Hal tersebut dikarenakan kurma dapat melindungi sistem pencernaan dan usus kita dari bakteri berbahaya, sehingga mengurangi risiko penyebaran ke usus besar. Mengonsumsi kurma secara teratur juga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik, yang dapat melindungi kita dari pertumbuhan sel kanker di usus besar.

Melawan stres dan depresi
Kurma mengandung Vitamin B6, yang telah terbukti membantu tubuh membuat serotonin dan norepinefrin, yang meningkatkan kesehatan otak. Serotonin mengatur suasana hati, sementara norepinefrin berjuang melawan stres.

Memberikan energi
Kurma kaya akan serat, kalium, magnesium, vitamin, dan antioksidan yang bisa dijadikan camilan sempurna. Mereka memberikan energi abadi berkat gula seperti fruktosa dan glukosa. Tetapi juga dengan cepat mengembalikan energi setelah melakukan sesuatu yang melelahkan seperti berolahraga.

Mencegah penyakit jantung
Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa kurma mengurangi kadar trigliserida dan mengurangi stres oksidatif. Yang mana keduanya merupakan faktor risiko penyakit jantung dan aterogenesis. Selain itu, kurma adalah sumber makanan yang kaya akan potasium. Yang mana menurut penelitian dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke.

Meredakan gejala alergi musiman
Studi lain menunjukkan bahwa kurma efektif mengurangi beberapa tanda peradangan pada pasien dengan SAR atau Rhinitis.

Membantu penurunan berat badan
Kurma juga dapat membantu menurunkan berat badan. Serat yang terkandung pada kurma, membuat kenyang untuk waktu yang lama dan mencegah lonjakan glukosa dalam darah. Kurma mengandung antioksidan seperti anthocyanin, fenolik, dan karoten. Mereka membuang racun tubuh kita, meningkatkan pencernaan dan metabolisme, sehingga mengarah pada penurunan berat badan.

Baca juga: Resep Jus Kurma Segar untuk Berbuka Puasa

Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi buah kurma secara rutin untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Selain dimakan langsung, kurma juga dapat diolah menjadi beragam makanan dan minuman yang enak dan lezat. Misalnya juice buah dengan campuran es batu atau es serut, yang dapat dibuat dengan mesin ice cube dan mesin es serut berkualitas dari kami. Kurma juga dapat diolah menjadi campuran ice cream roll yang dapat dibuat dengan mesin ice cream roll dari kami, ataupun campuran waffle kurma yang dapat dibuat dengan mesin waffle dari kami.

Ayoo hubungi kami sekarang juga untuk pemesanan dan info lebih lanjut!!

Sumber: https://style.tribunnews.com/2019/05/13/8-manfaat-makan-kurma-langsung-terlihat-dalam-waktu-seminggu-kesehatan-jantung-bikin-kenyang-lama?page=2&_ga=2.99659355.49664041.1557886400-1802491642.1557363250

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *