Bahayanya jika Konsumsi Es Batu Tercemar Bakteri

Bahayanya jika Konsumsi Es Batu Tercemar Bakteri

Indonesia sebagai negara yang sering banget dilanda cuaca panas, memang membuat kita jadi hobi minum minuman dingin. Apalagi minuman manis yang ditambah dengan es batu. Wah, pasti segar banget, ya.

Nah, saking banyaknya penggemar minuman dingin, penjualnya pun gampang banget ditemukan. Mulai dari yang berjualan di toko-toko sampai yang membuka lapak di pinggir jalan. Tapi, kamu harus hati-hati, karena nggak semua es batu dalam minuman dingin yang dijual di pinggir jalan itu bersih dan higienis. Produksi es batu yang tergolong kotor dan menggunakan air yang tidak bersih bisa menimbulkan keracunan saat dikonsumsi, lho.

 

Melansir Kompas.com, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Agustin mengatakan, es batu memang bahan campuran makanan maupun minuman yang mudah terkontaminasi bakteri.

“Es batu juga rentan sebagai penular penyakit. Jika sumber air tidak aman, es batu bisa mengandung bakteri E. coli dan Salmonella,” kata Agustin dalam Diskusi Keamanan Pangan di Gedung Kementerian Kesehatan di Jakarta, Rabu (1/4/2015).

Bakteri tersebut nggak mati walaupun pada suhu yang rendah. Makanya, konsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri tersebut, bisa membuat masyarakat terkena diare dan tipus. Bahkan, menurut Agustin, kontaminasi bakteri tersebut dapat menyebabkan pendarahan.

“Bakteri E. coli bisa menyebabkan pendarahan seperti jenis entero humoragik. Ini bisa berakibat sangat fatal, seperti kencing berdarah,” terangnya.

Makanya, penting banget untuk tahu sumber air yang digunakan untuk membuat es batu agar aman dikonsumsi.

Agustin menyarankan agar masyarakat lebih cermat dalam memilih atau berhati-hati dalam mengonsumsi makanan maupun minuman. Menurut dia, untuk menghindari terinfeksi bakteri, lebih baik mengonsumsi minuman dari lemari pendingin daripada menggunakan es batu. Kamu juga bisa, lho, membuat es batu sendiri di rumah agar lebih terjamin kebersihannya.

Nah, salah satu cara yang praktis adalah menggunakan Ice Tube Dispenser, yaitu dispenser pembuat es batu yang ukurannya minimalis. Kamu nggak perlu mesin pembuat es batu besar yang harus kamu sambungkan ke sumber air. Dengan Ice Tube Dispenser ini, kamu bisa dengan gampang membuat es batu dengan kapasitas yang cukup banyak hanya dengan menggunakan galon air. Order sekarang, yuk.

Baca juga : Usaha Es Batu yang Menjanjikan

Jadi, kalau kamu mencari mesin es batu atau ice cube machine yang berkualitas, ayo segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Kami menjual ice cube machine dengan berbagai kapasitas dan juga ice tube dispenser. Oleh karena itu, Sicm Tech juga menawarkan jasa konsultasi gratis bagi kamu yang masih bingung untuk memilih ice cube machine yang tepat untuk usaha.

 

 

 

Sumber:
https://lifestyle.kompas.com/read/2015/04/01/190000123/Bahayanya.jika.Konsumsi.Es.Batu.Tercemar.Bakteri.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *