Ingin Lebih Pintar, Coba Sarapan dengan Es Krim

Ingin Lebih Pintar, Coba Sarapan dengan Es Krim

Pernah terpikir menjadikan es krim sebagai menu untuk sarapan? Mungkin kedengarannya aneh. Tapi menurut penelitian di Jepang, makan es krim di pagi hari bisa meningkatkan kemampuan otak.

Menurut peneliti asal Jepang, Profesor Yoshihiko Koga dari Kyorin University di Tokyo, makan es krim di pagi hari bisa mempercepat respon seseorang dan mengurangi gangguan mental ringan.

Dalam eksperimennya, profesor dari Kyorin University di Tokyo ini meminta partisipan makan es krim di pagi hari. Kemudian mereka harus menyelesaikan tes maupun kuis mental di komputer. Ia juga meneliti kelompok partisipan lain yang sarapan tidak dengan es krim, tapi menu sarapan normal seperti roti atau omelet.

Profesor Koga pun membandingkan hasil tes pada kedua kelompok dan mendapati kelompok yang sarapan dengan es krim lebih baik dalam memposes informasi baru dan reaksi mereka juga lebih cepat. Setelah menganalisa aktivitas otak para responden, Profesor Koga menemukan adanya peningkatan gelombang Alpha berfrekuensi tinggi pada otak. Gelombang ini, berkaitan dengan peningkatan kewaspadaan dan menurunnya gangguan mental.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Profesor Koga menyimpulkan dinginnya es krim memunculkan efek kejut pada otak sehingga ikut meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran. Ia juga mengadakan eksperimen dengan air dingin, untuk melihat apakah juga menghasilkan efek yang sama.

Partisipan diminta meminum segelas air dingin segera setelah bangun pagi. Suhu air yang dingin ternyata juga meningkatkan kewaspadaan, tapi efeknya tidak sebesar saat memakan es krim.

Selain bermanfaat bagi otak, minum air dingin juga bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Ahli gizi Cassie Vanderwall menjelaskan bahwa air dingin membuat tubuh mengatur suhu sendiri. Suhu tubuh normal adalah 37 derajat Celsius maka ketika ada substansi yang suhunya lebih rendah masuk ke dalam tubuh, maka metabolisme akan bekerja untuk menghangatkan atau membuat suhu di dalam tubuh normal kembali.

Untuk menjalankan metabolisme ini, tubuh memerlukan kalori untuk dibakar. Meskipun jumlahnya tidak signifikan, menggerakkan metabolisme untuk menaikkan suhu tubuh juga bisa membantu pengurangan kalori.

“Hanya sedikit kalori yang terbakar ketika seseorang minum air putih dingin,” ujar Leslie Bonci, seorang pakar diet, seperti dikutip dari Today.

Jika kamu tertarik untuk membuka bisnis es krim, Sicm Tech menjual berbagai jenis mesin es krim berkualitas dengan harga yang terjangkau. Jika masih bingung, kamu juga bisa, lho, konsultasi secara gratis. Ayo hubungi kami sekarang juga untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut.
Sumber:
https://wolipop.detik.com/health-and-diet/d-3356462/sarapan-es-krim-bisa-bantu-otak-lebih-pintar-mitos-atau-fakta

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *