Keripik Umbi Kriuk yang Jadi Favorit Banyak Orang

Keripik Umbi Kriuk yang Jadi Favorit Banyak Orang

Kamu termasuk penggemar keripik? Keripik memang merupakan camilan yang jadi favorit banyak orang. Makanan ringan yang satu ini sering banget menjadi teman saat mengisi waktu luang. Selain rasanya yang gurih dan enak, keripik banyak disukai karena teksturnya yang renyah

Nah, kebanyakan camilan keripik ini biasanya terbuat dari tanaman umbi-umbian, mulai dari kentang sampai talas. Walaupun nggak sedikit keripik yang terbuat dari sayuran dan buah-buahan, tapi varian paling populer yaitu keripik berbahan tanaman umbi-umbian. Seperti kentang, singkong, ubi dan talas.

Dari sekian banyak jenis keripik yang terbuat dari umbi-umbian, keripik kentang merupakan jenis keripik klasik yang paling sering ditemui. Nggak heran, jenis keripik yang satu ini punya banyak penggemar di berbagai negara. Sampai-sampai tiap negara biasanya memiliki variasi yang berbeda-beda. Baik di Amerika, Inggris, Jepang, Jerman maupun Indonesia.

Menengok sejarahnya, konon keripik kentang ditemukan oleh George Crum yang merupakan chef keturunan Afrika-Amerika. Ia bekerja di restoran Moon’s Lake House yang sangat terkenal dengan kentang gorengnya.

Pada 24 Agustus 1853, ada seorang pengunjung yang mengeluh, karena kentang gorengnya terlalu tebal. Akhirnya Crum membuat kentang goreng yang sangat tipis sampai tidak bisa ditusuk dengan garpu. Kentang goreng itu juga diberi tambahan garam. Ternyata sang konsumen menyukainya. Sampai akhirnya kentang goreng itu diberi nama “Saratoga Chips.”

Masuk ke abad 20, keripik kentang tidak sekedar jadi menu restoran. Produksi massal keripik kentang dimulai di Amerika sejak itu. Adapun keripik kentang dengan tambahan rasa baru diluncurkan di Amerika pada tahun 1950-an, dengan munculnya rasa BBQ.

Proses pembuatan keripik juga nggak terlalu rumit. Umbi-umbian biasanya dikupas dan diiris hingga tipis. Kemudian digoreng atau dipanggang sampai garing, sehingga memiliki tekstur yang renyah dan kriuk saat digigit.

Setelah matang dan garing, keripik lalu diberi garam sebagai penambah rasa. Bisa juga, nih, ditambah penyedap rasa lainnya. Misalnya rasa BBQ, rumput laut, keju, balado dan masih banyak lagi. Namun, keripik umbi-umbian juga bisa, loh, ditambah bumbu dengan citarasa manis.

Nah, kesukaan orang-orang sama keripik ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka bisnis keripik, loh. Selain inovasi produk, kemasan juga jadi hal penting yang perlu kamu pikirkan. Agar produk kamu bisa awet dan tahan lama, jangan lupa pastikan kalau kemasannya tertutup rapat. Kamu bisa menggunakan mesin sealer biar proses pengemasan produk kamu semakin cepat dan mudah. Sicm Tech menjual berbagai macam mesin sealer dan mesin kemasan lainnya untuk memudahkan bisnis kamu, nih. Yuk Hubungi kita sekarang untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut.

 

 

 

Sumber :
https://food.detik.com/info-kuliner/d-3441759/kriuk-kres-keripik-dari-kentang-hingga-singkong-yang-jadi-favorit-semua-usia

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *