Kerupuk Paling Favorit di Indonesia yang Bikin Makan Tambah Nikmat

Kerupuk Paling Favorit di Indonesia yang Bikin Makan Tambah Nikmat

Bagi kebanyakan orang Indonesia, mungkin rasanya tak lengkap bila harus makan tanpa kerupuk. Makanya, sangat mudah untuk menemukan kerupuk di Indonesia. Mulai dari di warung pinggir jalan sampai supermarket pasti menjual kerupuk, baik yang sudah digoreng, ataupun belum. Beberapa restaurant atau tempat makan juga bahkan menyediakan kerupuk sebagai teman santap makanan yang kita pesan. Kita juga bisa menemukan banyak resep cara membuat kerupuk di Internet.

Jenis-jenis kerupuk juga beragam, hampir setiap daerah pasti memiliki kerupuk khasnya masing-masing. Mulai dari jenis kerupuk yang dibedakan berdasarkan bahan dasarnya, hingga yang dibedakan berdasarkan cara mengolahnya. Selain digoreng, kerupuk juga dapat diolah dengan  cara direbus, seperti seblak. Dari sekian banyak jenis kerupuk, ada juga jenis kerupuk  yang umum dijual di berbagai daerah. Berikut ini merupakan jenis-jenis kerupuk yang paling disukai masyarakat Indonesia:

Kerupuk Bawang
Seperti namanya, kerupuk ini terbuat dari tepung tapioka dan bawang putih. Aromanya khas, rasanya gurih, dan cocok sebagai teman nasi.

Kerupuk Udang
Kerupuk udang punya beragam ukuran, ada yang kecil, ada pula lebar. Kerupuk ini biasanya tersaji sebagai tambahan dalam masakan, seperti rawon, soto, hingga nasi pecel.

Kerupuk Putih
Ini dia jenis kerupuk yang paling umum di Indonesia. Mayoritas warung makan menyediakan kerupuk putih keriting ini di dalam kaleng besi yang khas. Dijamin, kamu gak akan menemukan tempat kerupuk serupa di belahan dunia manapun.

Kerupuk Rambak
Kerupuk rambak atau kerupuk kulit ini terbuat dari kulit sapi. Meskipun terlihat tebal, sebenarnya kerupuk ini sangat renyah dan langsung lumer di lidah ketika digigit.

Kerupuk Puli (Lempeng)
Kerupuk berbahan dasar beras ini punya tekstur kasar, renyah, dan ringan. Di Surabaya, kerupuk puli jadi teman makan semanggi, sedangkan di Madiun biasanya dijadikan pelengkap makan nasi pecel.

Emping
Kerupuk emping atau kerupuk melinjo dimakan dengan cara berbeda-beda di berbagai daerah. Ada yang dimakan langsung sebagai camilan, dijadikan topping rawon, hingga pelengkap coto Makassar.

Kerupuk Mie
Disebut demikian karena bentuknya keriting mirip mie. Paling mantap kalau dimakan bareng asinan atau disiram bumbu rujak.

Kerupuk Opak
Opak singkong asalnya dari Wonosobo, Jawa Barat, dan terbuat dari singkong. Namun, ada juga opak yang berbahan dasar beras ketan dan menjadi kerupuk khas Sunda.

Kerupuk Kemplang
Kerupuk khas Palembang dan Bandar Lampung ini biasanya terbuat dari ikan belida. Ada yang digoreng, tapi ada juga yang dibakar, sehingga aromanya lebih sedap.

Kerupuk Gendar
Mirip dengan kerupuk puli, karena berbahan dasar nasi. Namun bedanya, nasi kering ditumbuk kasar sehingga teksturnya masih terlihat.

Rengginang
Kerupuk dari nasi atau beras ketan yang dikeringkan ini biasanya laris manis saat Lebaran. Tapi rengginang juga jadi camilan favorit sehari-hari.

Kerupuk Pasir
Karena digoreng dengan pasir, kerupuk ini jadi lebih sehat tanpa minyak. Warna-warni kerupuk yang mencolok jadi salah satu identitas khasnya. Di Jawa Timur, kerupuk pasir atau kerupuk upil biasanya dicocol saus petis.

Kuku Macan
Terbuat dari bahan dasar tepung dan ikan, kerupuk ini rasanya gurih banget. Bentuk yang kecil dengan ujung runcing menyerupai kuku macan bikin kerupuk ini makin unik.

Kerupuk Ikan
Ada bermacam jenis ikan yang bisa diolah menjadi kerupuk. Namun yang paling umum diolah adalah ikan tengiri.

Nah, itu tadi jenis-jenis kerupuk paling favorit di Indonesia yang akan bikin makanan Anda jadi semakin nikmat. Untuk menjaga rasa nikmatnya, kerupuk-kerupuk tersebut tentunya harus dikemas dengan kemasan terbaik yang pastinya aman untuk makanan. Kebanyakan kerupuk yang dijual rata-rata menggunakan kemasan plastik.

Penggunaan kemasan plastik, tentunya harus dibarengi dengan sealer yang berkualitas juga, agar kemasannya tetap rapat dan kerupuk tetap terjaga. Sicm Tech menyediakan berbagai jenis mesin sealer untuk kemasan Anda. Kualitas mesin yang kami jual pun sangat terjamin. Jadi, jangan ragu lagi. Cek dan beli berbagai jenis mesin sealer dari kami sekarang.

 

Sumber:

https://www.idntimes.com/food/dining-guide/putriana-cahya/14-jenis-kerupuk-paling-favorit-di-indonesia/full

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *