Lebih Untung Mana, Berbisnis Kedai Es Krim Secara Mandiri atau Via Franchise?

Lebih Untung Mana, Berbisnis Kedai Es Krim Secara Mandiri atau Via Franchise?

Es krim merupakan panganan dengan rasa manis yang banyak digemari oleh banyak kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Berbagai inovasi varian rasa dan bentuk es krim dihadirkan untuk memenangkan persaingan pasar yang semakin ketat. Banyaknya penggemar dessert tersebut semakin membuka peluang Anda untuk memulai bisnis es krim. Setidaknya ada dua pilihan untuk memulai bisnis Anda, yaitu via franchise (waralaba) ataupun secara mandiri. Mana yang Lebih Menguntungkan??? Yuk simak ulasannya!

Di dalam dunia bisnis, inovasi produk menjadi hal penting yang patut Anda pikirkan dan pertimbangkan sebelum memulai usaha. Selain membedakan dari produk sejenis milik kompetitor, menampilkan inovasi atau menyuguhkan sesuatu yang berbeda pada produk bisa menjadi senjata ampuh untuk merebut hati para pelanggan potensial.

Baca juga : Ice Cream Nikmat yang Kaya Manfaat

Tidak hanya pemula, cara ini juga banyak digunakan oleh para pelaku usaha yang telah lama berkecimpung di dunia bisnis kuliner untuk menyuguhkan sesuatu yang berbeda sehingga pelanggan tidak merasa bosan, dan pasti-nya tidak berpaling ke produk milik kompetitor.

Inovasi produk ini merupakan salah satu strategi marketing paling ampuh untuk menarik pelanggan potensial, terutama kaum milenial. Dimana mereka lebih menyukai sesuatu yang baru, modern atau kekinian. Nah, bagi Anda yang ingin memulai bisnis es krim, selain menyiapkan modal dan strategi marketing yang tepat pikirkan juga inovasi produknya. Bisa dari segi varian rasa, topping, proses pembuatan, tampilan, sajian dan lainnya.

Sebelum memulai usaha es krim, pastikan Anda telah mengetahui proses pembuatan es krim. Sehingga memudahkan Anda saat akan berkreasi atau melakukan inovasi produk. Hal ini menjadi penting terutama jika bisnis es krim yang akan dijalankan benar-benar Anda rintis dari nol. Bukan bisnis dengan sistem waralaba atau kemitraan, dimana produk yang dijual biasa-nya telah memiliki brand atau dikenal oleh masyarakat.

Bisnis es krim waralaba

Nah, bagi Anda yang tidak mau ribet membangun brand dari awal, membangun usaha es krim dengan sistem kemitraan ini bisa jadi pilihan tepat. Harga yang ditawarkan pun bervariatif, tergantung pada ketetapan biaya awal yang telah ditetapkan oleh pihak pemilik bisnis waralaba tersebut. Biasanya mereka juga menawarkan beberapa pilihan paket yang mudah dijangkau oleh berbagai unit usaha. Anda tinggal menyesuaikannya dengan modal yang dimiliki.

Memulai bisnis dengan sistem kemitraan ini bisa dibilang cara paling instan. Karena Anda tidak perlu lagi memikirkan strategi marketing, menyiapkan alat-alat, bahan baku dan kebutuhan lain-nya, karena semua-nya sudah disiapkan. Tugas Anda hanya tinggal menjalankan bisnis tersebut.

Bisnis Es Krim Sendiri

Selain waralaba, Anda juga bisa mulai menjalankan bisnis es krim sendiri. Bagi sebagian orang, cara ini dinilai lebih efektif karena bisa disesuaikan dengan modal yang dimiliki. Berbeda dengan bisnis waralaba, dimana modal awal telah ditentukan oleh pihak pemilik bisnis.

Meski membangun bisnis sendiri dinilai lebih rumit, karena harus membangun brand dari awal agar bisa dikenal lebih banyak orang. Namun bukan hal yang tidak mungkin bagi Anda untuk meraih kesuksesan sebagaimana yang telah diraih oleh para pemilik bisnis franchise es krim. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat perencanaan bisnis dengan matang, mulai dari mempersiapkan modal yang cukup, memilih bahan baku berkualitas, menyusun strategi pemasaran yang tepat, hingga pemilihan tempat atau lokasi usaha.

Jadi Mana yang Lebih Menguntungkan, Membangun Bisnis Es Krim Sendiri atau Waralaba?

Baik itu waralaba maupun membangun bisnis es krim sendiri, kedua-nya sama-sama menguntungkan. Peluang untuk mendapat keuntungan berlipat dan kesuksesan pun sama besar-nya. Dan satu hal yang harus Anda ketahui, sebelum mearih kesuksesan dan berhasil membangun bisnis kemitraan, pemilik bisnis franchise tersebut juga memulai bisnis-nya dari awal, dari nol. Yang paling penting adalah perencanaan bisnis yang matang dan penyusunan strategi pemasaran jitu agar usaha yang dijalankan dapat berkembang pesat dan dikenal banyak orang.

Baca juga : Yuk Simak Bedanya Soft Ice Cream dengan Hard Ice Cream

Di zaman modern seperti ini, mayoritas bisnis es krim, baik itu bisnis waralaba maupun bisnis es krim sendiri, sudah menggunakan alat-alat yang canggih. Misalnya dengan menggunakan mesin es krim. Proses pembuatan eskrim dengan mesin ini dinilai lebih higienis dan efesien karena tidak perlu melewati banyak proses, seperti cara tradisional.

Cara penggunaan-nya pun cukup mudah, Anda tinggal menyiapkan adonan es krim, yang kemudian dimasukan kedalam tabung atau wadah yang terdapat pada mesin es krim teresbut. Hasil produk ice cream yang dihasilkan pun lebih lembut dan pasti-nya creamy dibanding dengan cara tradisional.

Dalam menghadapi persaingan bisnis global yang kian hari semakin ketat, Anda memerlukan alat canggih untuk bisa menghasilkan produk es krim yang mampu bersaing di pasaran. Dan Anda pun tidak perlu khawatir lagi dengan masalah budget atau modal biaya, karena saat ini telah banyak pilihan tipe mesin es krim yang dapat disesuikan dengan kemampuan Anda. Sehingga harga yang ditawarkan pun lebih bervariatif, dan mudah dijangkau oleh skala bisnis manapun.

Sicm Tech menjual berbagai mesin es krim dengan berbagai variasi, mulai dari mesin soft ice cream hingga hard ice cream. Anda juga bisa mendapatkan penawaran-penawaran menarik dari kami. Jika masih bingung, Anda bisa berkonsultasi dengan kami secara gratis. Kami juga menyediakan jasa penyewaan mesin es krim untuk Anda yang masih ingin menjajal bisnis es krim terlebih dahulu, sebelum terjun lebih dalam. Sistem sewa ini juga dapat Anda manfaatkan untuk menyajikan es krim pada event-event tertentu yang periodenya tidak terlalu lama.

Ayo hubungi kami sekarang untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut!

 

 

 

Sumber :
https://www.kompasiana.com/wiratech/5b63c4065e13733b3358bfe5/lebih-untung-mana-berbisnis-kedai-es-krim-secara-mandiri-atau-via-franchise?page=all

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *