Resep Onion Ring Crispy yang Gurih dan Enak

Resep Onion Ring Crispy yang Gurih dan Enak

Bawang bombay memang biasa dikenal sebagai bumbu pelengkap masakan. Pada umumnya bawang bombay ini masuk ke dalam masakan tumisan, aneka saus, sup dan gorengan. Misalnya sebagai bumbu untuk membuat saus asam pedas, sup ayam, tumis sayur, sapo tahu atau digoreng dengan tepung berbumbu yang terkenal dengan sebutan onion ring. Bawang bombay goreng atau onion ring ini banyak disajikan di restoran cepat saji.

Baca juga : Resep Nugget Udang Ala Thailand yang Super Nikmat

Biasanya onion ring crispy ini dihidangkan bersama tempura goreng, ayam goreng tepung atau masakan goreng-gorengan bertepung lainnya. Rasa yang enak, gurih serta manis dari bawang bombay memang membuat panganan satu ini jadi favorit banyak orang. Biasanya menyantap onion ring crispy ini paling pas dengan saus sambal botolan, saus tomat, mayonaise serta sambal pedas sesuai selera.

Untuk membuat onion ring yang crispy, yuk simak resep yang sudah kami rangkum ini.

Bahan untuk membuat onion ring crispy:

  • 1 buah bawang bombay ukuran besar
  • 2 cangkir tepung terigu
  • 2 sdm tepung maizena
  • Tepung roti/panir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Air es secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat onion ring crispy:

  1. Pertama-tama iris bawang bombay berbentuk lingkaran dan lepas satu persatu hasil potongan sehingga bawang menjadi banyak.
  2. Lalu rendam potongan bawang dengan air es selama 15 menit.
  3. Buat adonan kering, caranya dengan mencampur tepung terigu, tepung maizena, kaldu bubuk, garam, merica dan aduk sampai rata.
  4. Tiriskan bawang yang sudah direndam dan balur bawang dengan sedikit adonan tepung yang dibuat tadi, lalu taruh bawah di wadah kosong.
  5. Buat adonan basah, masukkan air es ke dalam adonan kering dan aduk sampai rata. Buat adonan jangan terlalu kental tapi juga jangan terlalu encer. 6. Celupkan bawang yang sudah dibalur adonan kering ke dalam adonan basah, lalu balur dengan tepung roti/panir.
  6. Setelah dibalur dengan tepung roti, kemudian goreng sampai berwarna kecoklatan. Setelah berwarna coklat keemasan, angkat dan tiriskan.
  7. Onion ring crispy siap dinikmati selagi hangat dengan dicocolkan sambal atau mayonaise pilihan Anda.

Nah, itu dia resep untuk membuat onion ring crispy yang gurih dan enak. Agar hasil gorengan Anda lebih crispy atau renyah, Anda dapat menggunakan alat menggoreng khusus, seperti deep fryer. Adapun keuntungan-keuntungan menggoreng dengan deep fryer adalah bahannya yang stainless steel atau anti karat, suhu yang bisa diatur, lebih irit gas, hasil gorengan yang lebih krispy dan tidak gosong, serta ukuran tangki yang besar, sehingga Anda dapat menggoreng dengan kapasitas yang banyak.

Baca juga : Tips Usaha Gorengan Laris Manis di Bulan Puasa

Sicm Tech menjual beberapa jenis deep fryer yang dapat memudahkan usaha Anda. Deep fryer yang kami jual tentunya memiliki kualitas yang baik dan aman dugunakan. Ayo hubungi kami sekarang juga untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut.

Sumber:
https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3680698/cara-membuat-onion-ring-crispy-mudah-dan-bikin-nagih-dalam-satu-gigitan

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *