Resep Waffle Enak yang Pas untuk Berbuka Puasa

Resep Waffle Enak yang Pas untuk Berbuka Puasa

Siapa yang doyan makan waffle? Dessert asal Belgia ini memang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Rasanya yang gurih dan legit pasti membuat orang yang mencobanya ketagihan. Belum lagi perpaduan teksturnya yang renyah di luar dan tetap lembut di dalam. Waffle juga cocok banget untuk dijadikan takjil saat berbuka.

Sayangnya, masih agak sulit menemukan waffle, karena biasanya dessert ini hanya dijual di tempat-tempat khusus saja, seperti kafe, restoran, ataupun store yang ada di mall-mall. selain itu, harganya juga agak sedikit mahal. Sesekali mungkin tak mengapa, tapi repot jadinya kalau tiba-tiba Anda “ngidam” waffle saat tengah malam.

Tapi jangan khawatir, selama Anda punya cetakan waffle, Anda juga bisa kok membuatnya sendiri dengan kreasi sesuka hati. Yuk, simak resep Basic Belgian Waffle ini!

Bahan-bahan

  • 100 gram tepung terigu serba guna
  • 25 gram tepung Maizena
  • 1 butir telur besar, pisahkan antara kuning dan putihnya
  • 1/2 sdt Garam
  • 1/2 sdt Baking Powder
  • 1/4 sdt Baking Soda
  • 240 ml susu cair
  • 6 sdm minyak sayur
  • 1 sdm Gula pasir
  • 1/2 sdt vanilla bubuk

Cara membuat:

  1. Panaskan cetakan waffle pada suhu 150 derajat Celcius.
  2. Campurkan bahan-bahan kering seperti tepung terigu, tepung maizena, baking powder, baking soda dan garam menjadi satu; lalu ayak.
  3. Campurkan kuning telur yang sudah dipisahkan dari putihnya dengan susu cair dan minyak sayur.
  4. Di wadah yang terpisah, kocok putih telur sampai mulai mengembang. Sambil terus dikocok, masukkan gula pasir sedikit demi sedikit dan kocok terus hingga busa putih telur itu kaku, tambahkan juga vanila bubuk.
  5. Satukan adonan bahan-bahan basah yaitu campuran susu cair, minyak sayur dan kuning telur ke dalam adonan bahan-bahan kering yang sudah diayak tadi. Aduk dengan mixer hingga adonannya tercampur rata.
  6. Setelah tercampur rata masukkan juga putih telur yang sudah dikocok bersama gula dan vanilla tadi ke dalam adonan. Perlahan-lahan aduk dengan spatula hingga adonannya menyatu.
  7. Oleskan mentega pada cetakan waffle yang sudah dipanaskan sebelum mulai memasak waffle. Setelah diolesi mentega, tuang adonan waffle secukupnya ke dalam cetakan. Masak hingga berwarna kecoklatan dan bagian luarnya mulai mengeras.
  8. Angkat waffle yang sudah jadi dan sajikan dengan topping pilihan Anda.

Basic Belgian Waffle ini cocok banget dimakan dengan topping apapun yang menjadi favorit Anda. Jadi, Anda bisa berkreasi sesuka hati untuk memilih topping yang pas. Mulai dari sirup mapple, pasta coklat, keju, buah-buahan, ice cream, hingga olahan daging seperti smoke beef dan sosis.

Baca juga : Tak Melulu Harus Manis, Ini Dia Resep Waffle Sosis Enak

Sicm Tech menjual berbagai mesin waffle (cetakan waffle / waffle iron), mulai dari mesin waffle berbentuk bulat, mesin waffle berbentuk kotak, hingga mesin waffle sosis / waffle hotdog yang disajikan menggunakan stick. Selain lebih mudah membuat waffle untuk dikonsumsi sendiri, Anda juga bisa membuka bisnis kuliner waffle loh. Ayo hubungi kami sekarang untuk pemesanan dan info lebih lanjut.

 

Sumber:

https://www.hipwee.com/tips/pengen-bikin-waffle-seenak-di-kafe-7-resep-ini-bisa-kok-kamu-buat-sendri

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *