Bisnis Gelato Bisa Untung Rp 60 Juta Sebulan

Bisnis Gelato Bisa Untung Rp 60 Juta Sebulan

Buka bisnis sendiri memang merupakan impian bagi beberapa orang. Membuka bisnis minuman ataupun dessert mungkin bisa menjadi salah satu alternatif bagi kamu. Seperti gelato misalnya.

Menurut pemenang Indonesia Gelato Competition dan Gelato World Tour Indonesia Challenge, Jovita Pranata, bisnis gelato memang cukup menjanjikan. Apalagi kalau dilihat dari pekembangannya yang melesat dalam tiga tahun terakhir ini.

“Opportunity-nya (Kesempatannya) bisa dikatakan tinggi karena memang untuk dessert (makanan penutup) sekarang lagi naik daun, yang namanya cold dessert, milk base dessert itu lagi sangat naik daun. Tapi kalau apakah bisnis ini menjadi sesuatu menjadikan secara bagus faktornya banyak,” kata Jovita saat ditemui di Gelato Class saat acara SIAL Interfood 2019 di JIEXPO, seperti dikutip Kompas.com.

Nah, jadi buat kamu yang mulai susun-susun rencana buka usaha gelato, yuk simak beberapa tips di bawah ini. Karena, ada berbagai faktor yang harus diperhatikan calon pengusaha gelato saat ingin merintis bisnis.

Sama seperti bisnis lain, faktor pemilihan lokasi, target, dan lain-lain harus diperhitungkan sebelum memulai bisnis gelato.

“Jadi seperti pemilihan lokasi, segmen pasar yang dituju, tetapi over all ini bisnis yang bagus rupanya, karena kalau kita ngomongin gelato, dessert bisa dinikmati oleh segala usia. Anak-anak pasti suka, remaja pasti suka, tinggal kita mau bidik segmen yang mana. Family kah, atau mau masuk ke health segmen, kita main misalnya low sugar,” ujar Jovita.

Ia juga menyarankan para calon pengusaha agar menguasai teknik pengolahan gelato dengan benar, memiliki skill yang mumpuni, dan mau terus mencoba resep.

“Kalau untuk buka usaha gelato dan buat gelato itu memang harus belajar khusus, belajar khususnya dengan sekolah saja tidak cukup, yang penting lebih banyak di jam terbang sih,” ujarnya.

Bagi Chef Jovita, peralatan yang profesional juga sangat menentukan dari rasa gelato yang dibuat itu sendiri. Para calon pengusaha gelato harus memperhitungkan bujet dan mulai menabung untuk peralatan produksi yang lumayan besar biayanya.

“Pertama, mesin gelatonya, lalu blast freezer, dan untuk showcase untuk gelato. Untuk gelato mesin yang tipe semiprofesional mulai dari angka Rp 80 juta, kalau untuk freezer-nya sendiri tidak bisa dirata-rata karena banyak sekali mereknya,” jelas Jovita.

“Tapi ada harga, ada kualitas. Untuk showcase itu kalau yang delapan rasa bisa sekitar Rp 100 juta, kalau yang besar sampai 24 rasa itu sekitar Rp 200 juta,” lanjutnya.

Untuk mengakali modal awal yang cukup besar, ia menyarankan untuk berpartner dengan teman atau mencari investor.

“Pilihannya cuma dua. Pertama, mulai dengan modal kecil, dan yang kedua, cari investor. Jadi mulai dari yang kecil dulu kalau memang modalnya terbatas. Bisa partnership itu juga bisa, atau cari investor. Kalau ingin hasil yang bagus harus pakai alat yang bagus juga,” paparnya.

Laba kotor dalam berjualan gelato juga tidak main-main. Jika dihitung secara terperinci pengusaha gelato, disebutkan oleh Jovita bisa untung Rp 60-an juta per bulan.

“Kalau yang skala medium saja kalau sehari bisa terjual 100 mangkuk gelato saja, sebulan bisa dapet keuntungan sampai Rp 60-an juta, itu untuk laba kotornya. Kalau sehari terjual 100 ya. Lebih kurang per-cup Rp 6.000-an dengan rasa yang standar juga. Kalau rasa yang basic-basic, seperti vanila, stroberi, dan coklat,” jelas Jovita.

Gimana, kamu mulai tertarik merintis usaha gelato? Nah, kalau kamu tertarik untuk membuka bisnis ice cream ataupun gelato, Sicm Tech menjual berbagai jenis mesin Ice Cream berkualitas dengan harga yang terjangkau. Mulai dari mesin soft ice cream hingga hard ice cream. Kalau masih bingung, kami juga menawarkan jasa konsultasi secara gratis. Ayo hubungi kami sekarang juga untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut.

 

 
Sumber:
https://travel.kompas.com/read/2019/11/16/100000027/seluk-beluk-merintis-bisnis-gelato-sebulan-bisa-untung-rp-60-juta?page=all#page2

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *