Serupa tapi Tak Sama, Ini Dia Perbedaan Ice Cream dan Gelato

Serupa tapi Tak Sama, Ini Dia Perbedaan Ice Cream dan Gelato

Dalam beberapa tahun terakhir, khususnya di Indonesia, popularitas gelato semakin meningkat. Ragam restoran yang menawarkan gelato pun terus bermunculan. Dengan mudah kita menjumpai restoran atau kedai yang mengunggulkan gelato sebagai sajian andalannya. Sekilas, gelato memang memiliki bentuk yang mirip dengan es krim. Bahkan, mungkin banyak yang menganggapnya sama. Tetapi, es krim dan gelato ternyata punya banyak perbedaan, loh.

Menurut ahli gizi Natalie Rizzo, gelato dan es krim memang memiliki bahan-bahan yang sama, tapi proporsinya berbeda. “Gelato mengandung sedikit lebih banyak susu dibanding es krim, karena es krim biasanya kandungan krimnya lebih banyak,” kata Rizzo seperti dikutip dari situs Womenshealthmag.com. Lalu, apa lagi perbedaan antara es krim dan gelato? Yuk simak..

Gelato

Edible East End

Dessert yang satu ini sudah dinikmati sejak era Renaissance. Awal kemunculannya dimulai dari sebuah kompetisi hidangan penutup atau dessert di Italia pada awal abad ke-15. Seorang peternak ayam berhasil menjadi pemenangnya, dengan hidangan berupa es serut yang dilumuri buah. Hidangan itupun kemudian dikenal dengan nama sorbet. Kemudian, pada akhir abad ke-15, seorang seniman yang ahli di bidang kuliner mengolah sorbet menjadi sesuatu yang lain, yaitu yang sekarang kita kenal dengan nama gelato.

Gelato pun semakin populer berkat jasa seorang nelayan yang pada tahun 1686 menciptakan mesin gelato pertama bersama seorang koki dari Palermo. Oleh karena itu, banyak orang yang mengatakan kalau gelato adalah es krim-nya Italia. Dessert ini dibuat dari susu, krim, dan gula. Ciri khas dari gelato sendiri yaitu teksturnya yang lebih lembut, halus, dan padat. Rasa susu pada gelato juga lebih kuat.

Es krim

Mpls.St.Paul Magazine

Adapun kemunculan es krim dipercaya berawal dari zaman kepemimpinan Kaisar Nero dari Romawi pada tahun 64 Masehi. Saat itu, ice cream yang dihidangkan berupa es salju halus yang diambil dari penggunungan dan dihidangkan bersama buah-buahan serta madu. Kemudian, memasuki tahun 700 Masehi, seorang Kaisar China memperkenalkan bentuk es krim yang dicampur dengan susu sapi, tepung, dan sedikit kapur barus. Adonan ini diaduk hingga membentuk krim, seperti adonan es krim kita kenal hingga saat ini.

Baca juga : Lebih Untung Mana Berbisnis Kedai Es Krim Secara Mandiri atau Via Franchise?

Di Indonesia sendiri, es krim dibawa oleh bangsa Belanda. Ice Cream Saloon adalah es krim pertama yang hanya bisa dinikmati di kota besar seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Malang, dan Surabaya. Saat itu, es krim merupakan makanan mewah dan mahal, sehingga kebanyakan hanya orang Belanda saja yang bisa menikmatinya.

Beda es krim dan gelato

Menurut Morgan Moramo, CEO dan Founder Morano Gelato Inc, perusahaan yang berbasis di New England yang memproduksi gelato asli Italia, ada tiga perbedaan utama antara gelato Italia dan es krim. Perbedaan itu adalah:

  • Gelato memiliki kandungan lemak yang lebih rendah lemak daripada es krim. Es krim memiliki kandungan lemak mentega 14 hingga 25 persen, dan kadar lemak gelato berkisar antara empat hingga sembilan persen.
  • Gelato lebih padat dari es krim. Es krim mengandung sekitar 50 persen atau lebih udara yang diaduk ke dalamnya, dan gelato hanya mengandung 20 hingga 30 persen. Gelato disajikan dengan suhu 10 hingga 15 derajat lebih hangat daripada es krim. “Suhu yang lebih hangat memperkuat tekstur krim gelato dan rasa yang berani, karena lebih cepat meleleh di mulut Anda,” kata Morano.
  • Perbedaan lainnya, proses produksi gelato dan es krim. Menurut Morano, gelato diproduksi dalam tempat khusus yang disebut ‘laboratorium’ dan di dalamnya terdapat pasteurizer, batch freezer khusus untuk pembuatan gelato serta blender pencelupan. Pembuat gelato menggunakan discontinuous batch freezer dengan suhu minus 12 derajat celcius, sebelum disajikan. Sementara, es krim diproduksi menggunakan continuous freezer, yang serupa dengan tunnel freezer pada suhu minus 40 derajat celcius. Untuk memberikan umur simpan yang lebih lama, produk kemudian disimpan di ruangan dingin hingga mencapai minus 18 derajat celcius.

Baca juga : Fakta-Fakta Menarik Es Krim

Nah, kalau kamu tertarik untuk membuka bisnis ice cream ataupun gelato, Sicm Tech menjual berbagai jenis mesin Ice Cream berkualitas dengan harga yang terjangkau. Mulai dari mesin soft ice cream hingga hard ice cream. Kalau masih bingung, kami juga menawarkan jasa konsultasi secara gratis. Ayo hubungi kami sekarang juga untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut.

 

 

Sumber :

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/28/120000920/lebih-tinggi-kalori-gelato-atau-es-krim-

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/07/29/060542320/terlihat-sama-apa-bedanya-es-krim-dan-gelato?page=all

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *