Tips Memilih Daging Sapi Halal dan Segar untuk Diolah

Tips Memilih Daging Sapi Halal dan Segar untuk Diolah

Sebelum membeli daging sapi, Anda perlu cermat dalam memilih daging sapi yang masih segar. Namun, memilih daging sapi yang segar dan halal bukanlah perkara mudah, terutama bagi yang masih awam terhadap ciri-ciri daging sapi yang segar. Selain itu banyaknya jenis potongan daging sapi juga bisa membuat kita bingung dan kurang teliti ketika membeli daging. Hal ini malah menyebabkan aneka resep daging sapi yang kita masak menjadi tidak sehat dan berkah.

Baca juga : Tips Menyimpan Daging Agar Lebih Awet

Berikut ini tips memilih daging sapi halal dan segar yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan daging berkualitas.

1. Perhatikan Warna Daging Sapi
Daging yang segar dan berkualitas tentu berbeda dengan daging yang sudah busuk. Cara paling mudah untuk mengetahui kualitas daging adalah dari warnanya. Daging sapi yang masih fresh berwarna merah dan segar. Selain itu warna daging juga tidak pucat dan tidak kotor.

2. Tekstur Daging Sapi
Daging sapi yang segar memiliki tekstur yang terasa kenyal. Tekanlah sedikit daging tersebut, jika kembali ke posisi semula berarti daging tersebut masih baru dan segar. Hal ini berbeda dari daging yang busuk dimana daging tersebut akan terasa lembek ketika ditekan.

3. Bau / Aroma
Daging yang segar memiliki aroma yang segar pula atau dengan kata lain memiliki bau khas “sapi”. Sementara itu daging yang busuk akan menimbulkan bau busuk atau asam.

4. Daging Tidak Berair
Jika Kamu membeli daging mungkin Kamu sering melihat cairan berwarna merah mirip darah. Cairan itu bukanlah darah melainkan “sari” dari daging tersebut. Cobalah untuk membeli daging yang tidak berair, karena jika berair maka daging tersebut sudah berada cukup lama berada di udara bebas

5. Cek Sertifikat Halal
Supplier atau penjual daging yang halal dan profesional tentu mempunyai izin halal dari pihak MUI. Pastikan Kamu membeli daging dari penjual / supplier daging yang mempunyai izin halal.

Nah, jika Anda sudah bisa memilih dan membedakan daging sapi yang segar dan tidak, kini Anda tak perlu ragu untuk membuat aneka masakan berbahan dasar daging yang sehat. Selain bisa dimasak dalam kondisi utuh atau dipotong kecil-kecil sesuai dengan ukuran yang kita inginkan, daging sapi juga dapat diolah dengan cara digiling dan dibuat menjadi berbagai sajian seperti bakso, sosis, dan sajian lainnya.

Sicm Tech menjual berbagai macam meat grinder atau mesin penggiling daging berkualitas yang praktis digunakan. Selain itu, meat grinder dari Sicm Tech dapat dipastikan higienis dan juga menghasilkan gilingan daging yang halus. Mesin yang kami jual juga terdiri dari beberapa tipe, yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Hubungi kami sekarang juga untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut.

 

 

Sumber:

https://www.happyfresh.id/blog/memilih-daging-sapi-halal/

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *