Tips Menyimpan Cake Agar Lebih Awet

Tips Menyimpan Cake Agar Lebih Awet

Cake atau kue memang menjadi dessert favorit banyak orang. Jenisnya pun beragam, mulai dari sponge cake, butter cake, chiffon cake, cheese cake, hingga muffin dan brownies. Seiring berkembangnya zaman, rasa dan topping kue pun semakin beragam, mengikuti selera konsumen.

Namun, seringkali ketika membeli kue atau setelah membuatnya, kue tidak langsung dihabiskan. Padahal jika tidak disimpan dengan tepat, kue akan cepat berjamur dan berbahaya ketika dimakan. Untuk itu, sangat penting untuk menyimpan kue dengan cara yang tepat.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat Anda coba untuk menyimpan kue agar lebih awet dan tetap enak:

  1. Agar cake tetap enak dimakan esok hari, Anda perlu membungkus cake dengan rapat, sehingga cake tersebut tidak keras dan kering.
  2. Beri sehelai roti diatas cake jika cake sudah terlanjur keras. Tujuannya agar cake bisa menyerap kelembutan roti, lama-kelamaan cake akan melunak dengan sendirinya.
  3. Simpan cake dalam suhu yang tepat. Penyimpanan terbaik adalah di freezer, dengan suhu minus 18-20 derajat celsius. Dengan proses penyimpanan tersebut, kue bisa bertahan selama 5-6 hari. Tapi, perlu dipastikan cake tidak dalam keadaan panas.
  4. Bagi penyimpanan cake yang sudah ingin dicoba atau hanya dimakan sedikit, cara terbaik adalah memotong bagian cake yang ingin dimakan terlebih dahulu dan langsung mengembalikan cake ke freezer atau chiller. Sangat tidak dianjurkan untuk meninggalkan kue atau cake di luar pada saat sedang makan, lalu disimpan kembali, karena akan banyak bakteri yang sudah menempel di cake tersebut.

Untuk itu, kebanyakan cake atau pastry yang dijual di toko-toko disimpan di dalam tempat tertutup, seperti showcase. Dengan hot and cool showcase, cake dapat bertahan lebih lama, karena suhu didalamnya dapat diatur sesuai dengan kebutuhan kita.

 

Sumber:

https://cantik.tempo.co/read/902391/3-trik-menyimpan-kue-agar-tetap-asyik-dinikmati

Tips Menyimpan Cake Agar Tetap Enak

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *